Logo Header  Footer
Tips dan Cara Ampuh Merawat Sepeda Motor

Tips dan Cara Ampuh Merawat Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan kendaraan yang biasa digunakan di Indonesia, baik untuk keperluan transportasi, maupun rekreasi. Sepeda motor juga merupakan salah satu kendaraan yang efisien dan efektif dalam melawan kemacetan, terutama di kota-kota besar.

Penggunaan sepeda motor juga harus diiringi dengan perawatan yang seimbang. Misal, jika Anda menggunakan sepeda motor secara rutin setiap hari untuk kebutuhan esensial seperti sekolah, kuliah, atau bekerja maka perawatan yang Anda lakukan harus lebih intens dibandingkan dengan seseorang yang menggunakan sepeda motor untuk rekreasi.

Merawat sepeda motor merupakan salah satu hal yang penting bagi Anda pemilik kendaraan untuk menambah rasa aman dan nyaman saat mengendarai kendaraan. Selain itu, merawat sepeda motor juga dapat memperpanjang umur sepeda motor Anda sehingga bisa digunakan secara maksimal.

Terdapat beberapa jenis kendaraan sepeda motor yang sedang ramai di Indonesia, ada skuter atau yang biasa disebut motor matik seperti Atilla Venus, skuter matik besar seperti JET 14, Joyride 200i, GTS New 250i, Maxsym 400i, Maxsym 600i, dan juga Cruisym 300i, ‘bebek’ seperti SM Classic, trail seperti GY 150, dan cruiser seperti SM3, dan V16.

Beda jenis motor beda juga cara untuk merawatnya, namun minimal Anda harus mengetahui apa saja perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri dari rumah tanpa harus ke bengkel.

Selalu menggunakan bensin yang berkualitas
Bensin merupakan bahan bakar bagi sepeda motor sehingga kualitasnya dapat memengaruhi kinerja motor. Anda disarankan untuk menghindari pom bensin eceran agar mengantisipasi bensin yang dicampur dengan air atau lainnya. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mencampur bensin dengan oktan yang berbeda karena dapat mengakibatkan beberapa masalah pada mesin, seperti timbulnya kerak jika Anda mencampur bensin dengan oktan yang di bawah standar (RON <90).

Rutin melakukan servis di bengkel
Semakin sering menggunakan motor, semakin besar juga kemungkinan Anda untuk merawat sepeda motor. Maka dari itu, Anda disarankan untuk secara rutin melakukan servis di bengkel terpercaya setidaknya setiap tiga bulan sekali agar performa mesin motor Anda tetap dalam kondisi terbaik. Servis berkala pada motor itu sendiri biasanya meliputi pembersihan karburator, dan juga sistem injeksi; penggantian oli, dan juga menyetel motor sesuai dengan standar resmi sepeda motor.

Merawat aki secara berkala
Aki jarang sekali diperhatikan kesehatannya, karena pengguna sepeda motor biasanya akan lebih fokus untuk mengurus mesin karena langsung berpengaruh pada performa. Padahal, aki merupakan salah satu benda yang penting dalam menyuplai kelistrikan kendaraan bermotor. Lemahnya aki dapat membuat beberapa komponen motor ikut melemah seperti lampu depan dan sein. Anda disarankan untuk mengecek kesehatan aki secara rutin setiap servis berkala karena dapat berdampak pada melemahnya kemampuan injeksi pada sepeda motor.

Hindari penggunaan sepeda motor hingga habis bensin
Menggunakan sepeda motor hingga bensin habis dapat membuat mesin lama-kelamaan menjadi rusak. Apalagi jika sepeda motor Anda menggunakan teknologi injeksi. Maka dari itu, Anda disarankan untuk selalu mengawasi kuantitas bensin pada sepeda motor, jangan sampai menunggu hingga bensin benar-benar habis.

Rutin melakukan penggantian oli
Oli merupakan salah satu komponen yang penting dalam sepeda motor karena perannya yang melumasi dan menjaga suhu pada mesin. Anda dapat secara rutin melakukan pergantian oli mesin setidaknya setiap 3000 km.

Mendiamkan sepeda motor sebelum menggunakannya
Mendiamkan sepeda motor dapat berguna dalam membuat oli melumaskan mesin sehingga tetap dapat bekerja dengan maksimal. Namun, tidak perlu berlama-lama.

Hindari penggunaan tarikan gas yang tidak stabil
Menarik gas dengan spontan dan langsung menurunkannya secara tiba-tiba dapat memperpendek usia mesin dan juga vanbelt sepeda motor. Biasanya hal ini dilakukan oleh pengguna motor matic. Jangan sampai kebiasaan buruk ini malah dapat membuat motor Anda jadi tidak nyaman dan aman dipakai.

Selain tips di atas, ada beberapa cara lain yang disarankan untuk merawat sepeda motor, seperti rutin mengecek kesehatan vanbelt pada motor matic.

Itu tadi beberapa tips dan saran dalam merawat sepeda motor Anda. Cukup mudah, bukan? Yuk, mulai lakukan perawatan motor secara rutin agar motor Anda selalu dalam kondisi prima.
Logo Header  Footer
ALAMAT KANTOR
PT. MForce Indonesia
Kawasan Industri MM2100, Jl. Jawa Blok II No. 1 Jatiwangi
Bekasi 17520
Switch to Desktop
Copyright © 2021 - MForce Indonesia All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile